Peduli Kesehatan Balita, KKN-IK IAIN Kudus Berpartisipasi dalam Kegiatan Posyandu di Desa Payak

Mahasiswi KKN-IK IAIN Kudus ikut membantu dalam kegiatan posyandu di Desa Payak

Payak – Setiap satu bulan sekali bidan desa dan kader Posyandu di Desa Payak rutin melaksanakan kegiatan Posyandu sebagai bentuk peduli terhadap kesehatan dan tumbuh kembang balita. Kegiatan Posyandu ini rutin dilaksanakan tiap satu bulan sekali diawal minggu kedua dan dilaksanakan di tiga dukuh di Desa Payak, tanggal 12 di Dukuh Payak Barat, tanggal 13 di Dukuh Payak Tengah dan tanggal 14 di Dukuh Payak Timur. Mahasiswi KKN-IK IAIN Kudus mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu di rumah Ibu Siti Hanifah Dukuh Payak Timur pada hari Selasa, 14/09/2021.

Kegiatan Posyandu ini dimulai pukul 09.00 WIB. Adapun jumlah sasaran balita dalam kegiatan Posyandu di Dukuh Payak Timur berjumlah 70 balita. Balita yang mengikuti  Posyandu hari ini berjumlah sekitar 50 balita. Bidan desa yang bertugas adalah Ibu Nurul Chotimah dan terdapat beberapa kader Posyandu yang membantu berjumlah 5 orang sesuai dengan tugasnya masing-masing, ada yang menerima tamu dan mengisi daftar hadir, menimbang balita,mengukur tinggi badan, mengisi buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita.

Ibu Siti Hanifah selaku kader Posyandu mengungkapkan antusiasme ibu-ibu meningkat karena adanya PMT, “Semenjak ada PMT ibu-ibu semakin semangat untuk menimbang anaknya, kalau dulu dari pribadi PMT tidak sampai segini banyaknya, sekarang karena ada bantuan dari desa dana ADD atau Alokasi Dana Desa yang lumayan dan PMT ini dapat menunjang anak-anak mau makan empat sehat lima sempurna.” Tuturnya.

Kegiatan Posyandu harus tetap berjalan meskipun masih dalam suasana pandemi, karena kesehatan dan tumbuh kembang balita harus tetap diperhatikan. Balita akan mendapatkan vaksin dan imunisasi serta terpantau baik pertumbuhannya.

Mahasiswi KKN-IK merasa bersyukur dan berterimakasih kepada ibu-ibu kader Posyandu telah diperbolehkan untuk ikut andil dalam kegiatan Posyandu ini meskipun baru pertama kalinya dan kegiatan ini berjalan sesuai yang diharapkan.


Penulis : Suaibah, Khusnul Hidayah, Alfiatun Nuraini (KKN-IK Kec. Cluwak IAIN Kudus 2021)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan