Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) sebagai Tindak Lanjut Survey Mawas Diri (SMD) Kesehatan di Desa Payak

Dalam rangka meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat Desa Payak, UPTD Puskesmas Kecamatan Cluwak mengadakan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) sebagai tindak lanjut Survey Mawas Diri (SMD) terhadap kesehatan masyarakat di Balai Desa Payak, Selasa (07/09/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh 20 peserta, diantaranya Perangkat Desa, Kader SMD, Pendamping Desa, Tokoh Masyarakat dan peserta KKN-IK IAIN Kudus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan selama acara berlangsung.

Kegiatan MMD ini diselenggarakan di 13 desa yang tersebar di Kecamatan Cluwak, salah satunya di Desa Payak. Tujuan kegiatan MMD ini guna membahas hasil dari SMD untuk dibahas di Musrenbang, harapannya pada tahun 2022 mendatang problem kesehatan yang dihadapi tidak muncul lagi. Dalam hal ini pihak UPTD Puskesmas Kecamatan Cluwak berperan sebagai fasilitator dalam mencari solusi dari problem kesehatan berdasarkan hasil SMD.

Rangkaian kegiatan MMD ini membahas beberapa problem yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat Desa Payak berdasarkan hasil SMD yang dilaksanakan pada bulan Maret dengan mengambil sampel 40 Kartu Keluarga (KK) secara random. Nurul Chotimah selaku bidan Desa Payak memaparkan hasil survey problem kesehatan masyarakat Desa Payak, “Permasalahan yang ada di Desa Payak berdasarkan survey ibu-ibu Kader SMD kemarin ditemukan bahwa pengelolaan sampah menjadi prioritas utama problem di desa kami, pengelolaan limbah, kemudian kandang ternak masih menyatu dengan rumah, kebiasaan merokok dan sering beraktivitas diluar rumah saat pandemi karena rawan tertular Covid-19”, ucapnya.

Pembahasan selanjutnya dalam MMD adalah tentang kebiasaan masyarakat umum dan jalan raya yang membuang sampah sembarangan di sungai dan pengolahan kotoran ternak yang seharusnya dapat diolah menjadi pupuk.

Rencana tindak lanjut dari hasil MMD Desa Payak untuk masalah pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga adalah membentuk paguyuban Bank Sampah berkoordinasi dengan bagian Pekerjaan Umum (PU) sampah dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sedangkan rencana tindak lanjut untuk problem membuang sampah di sungai dengan pembuatan peraturan desa dan banner sanksi pembuangan sampah, dan untuk problem pengelolaan kotoran ternak tindak lanjutnya adalah edukasi, pengelolaan secara teknis.

“Semoga tahun depan Desa Payak menjadi lebih sehat dan lebih baik, terutama pada masalah kesehatan dapat kami tangani dengan baik”, tutur Indah selaku pihak UPTD Puskesmas Cluwak.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapakan semua masyarakat Desa Payak lebih meningkatkan kesadaran tentang kesehatan, kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan.

Penulis: Suaibah, Khusnul Hidayah, Alfiatun Nuraini (KKN-IK Kec. Cluwak)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan