Pembukaan Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) IAIN Kudus 2021 di Desa Payak Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati

Pembukaan Kuliah Kerja NyataTerintegrasi Kompetensi (KKN-IK) Institut Agama Islam Negeri Kudus di Desa Payak kecamatan Cluwak Kabupaten Pati pada hari Senin, 06/09/2021 disambut hangat oleh Karnoto, kepala Desa Payak.

KKN-IK tahun 2021 ini mengangkat tema “Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama” menjadi dasar peserta KKN-IK IAIN Kudus melaksanakan program kerja KKN satu bulan kedepan mulai tanggal 6 September- 6 Oktober 2021. KKN-IK di wilayah Pati tahun ini berbeda dengan KKN-IK diwilayah kabupaten lainnya seperti Jepara, Kudus dan Demak. Berdasarkan keputusan Pemerintah Daerah Kabupaten Pati guna mencegah penyebaran Covid-19 dan mengurangi mobilitas maka pemerintah Kabupaten Pati memberikan keistimewaan kepada peserta KKN-IK IAIN Kudus yang berdomisili di Pati untuk melaksanakan kegiatan KKN sesuai domisili di desa masing-masing. Peserta KKN-IK awal mulanya berjumlah 17 orang, kemudian disebar ke desa masing-masing salah satunya adalah di Desa Payak. Mahasiswa yang mengikuti KKN di Desa Payak berjumlah 3 orang yaitu Alfiatun Nuraini, Khusnul Hidayah dan Suaibah.

Setelah mengikuti pelepasan peserta KKN-IK IAIN Kudus 2021 secara serentak pada hari Senin, 06/09/2021 pukul 08.00 WIB oleh Dr. H. Mundakir, M.Ag selaku Rektor IAIN Kudus dan H. Mohammad Dzofir, M. Ag selaku Ketua LPPM, secara daring via Zoom dan streaming YouTube LPPM IAIN Kudus. Ketiga peserta KKN-IK di Desa Payak mengawali kegiatan KKN-IK hari pertama dengan melakukan koordinasi dengan kepala desa di balai Desa Payak untuk meminta izin melaksanakan kegiatan KKN-IK sekaligus pembukaan secara informal.

Karnoto, selaku Kepala Desa Payak menyambut peserta KKN-IK dengan senang hati, “Adanya KKN di Desa Payak ini kami menerima dengan senang hati dan sangat terbantu, semoga bisa bekerjasama terkait tingkat kemajuan desa, khususnya di bidang website desa”, Ucap Karnoto.

Pihaknya juga berharap, ”Saya berharap kalian dapat melaksanakan KKN di Desa Payak ini tetap ada koordinasi secara intens, khususnya dengan pemerintah desa yang membidangi program kerja kalian. Sehingga nanti apa yang akan kalian peroleh itu sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Jadi sudah sesuai dengan kondisi dan realita”.

Kelompok KKN-IK IAIN Kudus di Desa Payak siap dan berusaha profesional dalam menjalankan program kerja yang akan menjadi tanggungjawab bersama dalam KKN-IK tahun 2021 ini.

Penulis : Suaibah, Khusnul Hidayah, Alfiatun Nuraini (KKN-IK Kec. Cluwak)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan